Kampung Adat Waerebo

Desa wisata Waerebo terletak di Desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, berbatasan langsung dengan Taman Nasional Komodo. Berada sekitar 1.100 mdpl, Waerebo merupakan sebuah desa terpencil yang dikelilingi pegunungan dan panorama hutan tropis lebat di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores. Waerebo kini telah tumbuh menjadi tujuan favorit untuk ekowisata. Pada Agustus 2012 Kampung adat Waerebo meraih Award of Excellence, anugerah tertinggi dalam UNESCO Asia-Pacific Awards for Heritage Conservation 2012 di Bangkok

Kampung adat Waerebo sering juga disebut surga diatas awan, menawarkan keindahan alam dan aristektur rumah adat berbentuk kerucut yang sangat unik, dalam bahasa lokal menyebutnya Mbaru Niang.

Saat wisatawan berkunjung ke Waerebo melakukan beberapa aktivitas wisata seperti berinteraksi dengan masyrakat kampung, hidup berbarengan dengan masyarakat kampung 1 sampai 2 hari, belajar mengenai adat dan kehidupan masyarakat Waerebo dan melihat pertunjukan budaya adat penti jika acara tersebut dilaksanakan selain itu Waerebo juga menawarkan wisata tracking dengan panorama alamnya yang tak kalah cantik dan disuguhi keindahan flora dan fauna berupa pohon lokal daerah setempat dan melakukan hunting (foto) burung endemik pulau Flores dalam hutan konservasi.